Take Down Lagu "Langit Cerah", GM24 Jawab Soal Tudingan Plagiat

Relawan pendukung Ganjar Mahfud yang membentuk girl band GM24 menghadapi tuduhan plagiarisme karena lagu mereka yang berjudul 'Langit Cerah'. Lagu yang dirilis pada 6 Januari 2024 itu dinilai mirip dengan lagu "After School" girlband Korea, Weeekly.dewa poker

Lagu tersebut sempat viral dan digunakan oleh banyak pengguna di TikTok. Daileee, sebutan bagi penggemar Weeekly, tak terima lagu hits milik idolanya begitu saja dicontek oleh pendukung Ganjar-Mahfud.

Benarkah?!

Begini jawaban dari GM24, sebuah girlband yang dibentuk oleh relawan Jiwa Muda Indonesia (JMI). 

GM24 menyatakan bahwa kerelawanan mereka lahir dari semangat sukarela untuk memperjuangkan Indonesia yang lebih baik. Mereka juga mengapresiasi segala kritik terhadap lagu "Langit Cerah" yang kami produksi, terutama dari para KPop fans, khususnya fans "Weekly".

GM24 sangat memperhatikan aspek hak cipta (copyright) dan melakukan verifikasi melalui website copyright checker dalam pembuatan lagu "Langit Cerah". 

"Selain itu, pada saat lagu tersebut kami upload ke youtube, tidak ada notifikasi copyright claim dari pihak mana pun," tegas GM24 dari rilis yang diterima.

Dari proses verifikasi tersebut, GM24 meyakini lagu 'Langit Cerah", aman secara hak cipta. GM24 sendiri mengakui bahwa sebagai penggemar lagu-lagu KPop, lagu "After School" memang menjadi sumber inspirasi mereka ketika membuat lagu "Langit Cerah. 

Namun mereka menegaskan, bahwa mereka tidak melakukan plagiat dalam proses kreatif pembuatan lagu "Langit Cerah". 

"Jikalau terdapat kemiripan nada dalam beberapa "bar", hal tersebut bukanlah sesuatu yang disengaja," jelas GM24.

GM24 sangat memahami kontroversi yang saat ini terjadi. Oleh karena itu mereka memutuskan untuk men "take down" lagu "Langit Cerah" dari seluruh platform media sosial dan youtube.rtp live slot

Sebagai informasi, lagu "Langit Cerah" merupakan karya aspirasi dari relawan yang ingin menunjukkan kecintaan dan dukungannya untuk pasangan Ganjar Mahfud. Bukan lagu official dan resmi dari pasangan Ganjar Mahfud.

"Kami memastikan, peristiwa ini tidak akan menghentikan kami untuk terus membuat karya kreatif yang didedikasikan untuk memenangkan Bapak Ganjar Pranowo -- Mahfud MD dalam Pilpres 2024. Langit akan selalu cerah, jangan cepat menyerah, Indonesia Unggul Bersama Ganjar Mahfud Nomor 3!" tutup GM24.

Untuk diketahui, GM24 beranggotakan 7 personel asal Bandung yaitu Denise Yahya Miharja, Katyusha Abigail, Putri Sendira, Maverine Hearti Eltho, Endah Permatasari, Trista Putri Gunadi, dan Reifa Sofianna. 

Selain membentuk girlband GM24, relawan JMI juga menulis sebuah lagu berjudul "Langit Cerah" dan membuat video klip untuk kampanye Ganjar-Mahfud yang ditayangkan pertama kali di Rumah Aspirasi Relawan TKRPP.rtp dewapoker

Comments

Popular posts from this blog

Campur Kode Di Kalangan Penggemar K-Pop Di Media Sosial

5 Red Flag Korea Selatan, Tak Seindah Drama Korea

NewJeans Cetak Sejarah di MAMA 2023