Tuluskah Mereka?

"Ada tuntutan besar untuk tampil selalu sempurna sejak usia sangat muda." Amber Liu dewapoker

Daya Tarik yang idol berikan sungguh tercipta dengan sempurna. Segala interaksi dengan penggemar memberikan kesan bagi penggemar. Sebagai penggemar tentu tidak asing dengan istilah fan service, suatu perlakuan dari idol untuk menyenangkan penggemar dengan memberikan interaksi yang membekas seperti, berjabat tangan dan melambaikan tangan.  Dan pernahkah kalian berpikir, kesan menyenangkan yang diberikan idol tercipta dengan tulus untuk menggemar atau sebuah bentuk profesionalitas idol dengan penggemar.

Hal tersebut sering terlintas dalam pikiran saya ketika melihat sebuah interaksi antara idol dengan penggemarnya. Pikiran seperti itu terlintas ketika saya menonton sebuah cuplikan video. Potongan video tersebut adalah acara jumpa penggemar. Pada video itu terlihat kedekatan antara idol dengan penggemar sungguh tercipta. Bagaimana idol itu melakukan semua keinginan dari penggemarnya. Sejak itu, saya memperhatikan setiap interaksi antara idol dengan penggemarnya. Tidak cukup dengan satu video tetapi saya menonton yang lainnya. Setelah memperhatikan kelompok musik A, saya mencoba membandingkannya dengan kelompok musik yang lainnya. Akhirnya saya menyadari satu hal. Ada perbedaan dari tiap kelompok kepada penggemarnya.

Terdapat empat alasan utama seseorang menjadi penggemar K-Pop, yakni idol visual, idol music, idol stage performance, dan idol attitude (Indrawati, 2019). Benar memang banyak faktor kedekatan antara idol dengan penggemar salah satunya, idol attitude. Fakta tersebut benar, banyak idol yang kehilangan penggemarnya karena sikap sebagai public figure yang mengecewakan. Sebagai public figure yang selalu diawasi tentu bergerak dengan hati-hati. Ketika pergerakkannya berlawanan dengan keinginan penggemarnya tentu menimbulkan reaksi penolakan. Jadi, kebanyakan idol selalu mengikuti keinginan dari para penggemar.

Setelah semuanya, idol takut kehilangan penggemarnya atau kehilangan karirnya? Pertanyaan inilah yang muncul dibenak saya ketika memikirkannya. "Mungkin saya perlu pelajari lebih dalam lagi mengenai mereka", itu jawaban dari saya sendiri. Mengenal boy group asal Korea bernama BTS cukup menghilangkan rasa penasaran saya. Sama seperti pepatah "tak kenal maka tak sayang" perlu mengenal mereka untuk bisa paham arti sayang. Semua pemikiran saya diawal sudah dibisa saya simpulkan sendiri setelah mengenal individu dari kelompok tersebut.rtp dewapoker

Jika kalian memiliki pikiran seperti saya, mungkin memang kalian perlu memahami lebih dalam. Bertanya-tanya mengenai bagaimana kedekatan terjadi, bagaimana membedakan perilaku idol yang tulus dengan perilaku buatan agensi. Itu bisa dijawab ketika saya mengenal BTS, saya bisa merasakannya. Perasaan yang saya dapatkan adalah sebuah ketulusan. Rasa bersyukur memiliki penggemar itulah yang saya rasakan dari boy group asal Korea ini. Ketika kalian berpikir hanya sebuah bentuk profesionalitas dengan penggemar, bagaimana dengan idol yang membuat lagu khusus untuk penggemarnya? Saya rasa ini sudah bukan ditahap professional idol kepada penggemarnya. Mereka memang dituntut sempurna untuk para penggemarnya tetapi tidak semua idol melakukannya dengan keterpaksaan. Ada idol yang melakukannya untuk membuktikan perjuangannya kepada para penggemarnya dan inilah yang membuat kedekatan antara idol dengan penggemarnya terjadi. Zilman (2006), mengatakan bahwa empatilah yang sangat berperan dalam membentuk hubungan ini. Karena empati dinilai efektif dalam menghasilkan sebuah emosi, yang dalam hal ini berarti seseorang penggemar memiliki empati kepada media personanya, yaitu idola K-Pop.

Profesionalitas memanglah menjadi keharusan untuk suatu pekerjaan dalam bidang apapun. Apalagi seorang public figure. Seringkali orang mengganggap hubungan antar idol dan penggemar hanya sebuah bentuk dari profesionalitas saja, nyatanya lebih dari itu. Banyak idol yang mengganggap penggemarnya seperti teman atau bahkan keluarga. Hal itu membuat hubungan antara idol dengan penggemarnya menjadi dekat. Sang idol senang bisa berbagi kisah mereka kepada penggemarnya. Penggemarpun senang memiliki kedekatan dengan idola seperti teman. Idol yang menghargai perjuangan tentu bisa memperlakukan penggemarnya dengan baik.rtp live slot

Comments

Popular posts from this blog

Campur Kode Di Kalangan Penggemar K-Pop Di Media Sosial

5 Red Flag Korea Selatan, Tak Seindah Drama Korea

NewJeans Cetak Sejarah di MAMA 2023