Indo Pride! Inilah Sejumlah Idol K-Pop Asal Indonesia yang Mengharumkan Nama Bangsa di Korea Selatan

Belum lama ini, kancah K-pop kembali dikejutkan dengan kedatangan idol baru asal negara kita tercinta, yaitu Viankha Jesslyn alias Via. Dara berusia 22 tahun asal Kota Bandung ini dulunya merupakan anggota dari girl group MEP-C dan sekarang menjadi anggota girl group Beauty Box dari BY-U Entertainment.dewa poker

Namun, sebelum Via, ada beberapa idol K-pop lain dari Indonesia yang mengharumkan nama kita di Korea Selatan. Siapa saja mereka?

Loudi (14U)

Loudi, atau lahir dengan nama Edward Wen, bisa dibilang merupakan idol K-pop pertama dari Indonesia. Dia lahir pada 13 April 1996 dan berasal dari kota Yogyakarta atau Jogja. Loudi memiliki darah campuran Cina-Korea. Namun, dia asli orang Indonesia. Bahkan bahasa pertamanya bahasa Indonesia.

Loudi memulai debutnya dengan grup 14U pada tanggal 22 Juli 2017 dengan single "VVV". Namun sayangnya grup ini sudah bubar pada 14 Mei 2019 lalu karena satu dan lain hal.

Dita (Secret Number)

Satu lagi orang Jogja yang mengharumkan nama Indonesia di Korea Selatan. Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang lahir pada hari Natal tahun 1996, tepatnya tanggal 25 Desember. Ulang tahunnya sama dengan papa saya. Melihat dari namanya, kita tahu Dita berasal dari mana. Yap, Dita terlahir dari keluarga yang sangat multikultural. Ayahnya orang Bali, sedangkan ibunya asli Jogja. Dita memiliki seorang kakak perempuan bernama Kirana.

Dita yang pernah kuliah jurusan musik di New York, Amerika Serikat ini debut pada bulan Mei 2020 sebagai anggota grup Secret Number, dengan lagu "Who dis?". Hingga kini grup ini masih eksis di usia mereka yang ketiga.

Zayyan (Xodiac) Muhammad Rafiki Fahri Zayyan lahir di Tangerang, Banten, pada 23 Februari 2000. Dia asli dari Jakarta.rtp live slot

Kisah sukses Zayyan dimulai saat dia mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol X pada tahun 2019. Walaupun tidak lolos ke babak Spekta, dia terus berlatih hingga akhirnya sukses menjadi trainee SM Entertainment dan Kakao Entertainment sebelum pindah ke One Cool Jacso Entertainment yang kantor pusatnya di Hong Kong. Saat ini Zayyan menikmati karirnya sebagai anggota boy group Xodiac, yang debut pada 25 April 2023 lalu dengan lagu "Throw a dice".

Via (Beauty Box) Dan baru-baru ini, Via diperkenalkan sebagai anggota girl group multinasional, Beauty Box dari BY-U Entertainment. Nama lahirnya adalah Viankha Jesslyn dan berasal dari Kota Kembang, Bandung. Bandung memang dikenal sebagai tempat lahirnya musisi dan band terbaik Indonesia, seperti Noah, Kahitna, The Changcuters, Isyana, Gigi, PAS Band, The S.I.G.I.T., Burgerkill, dan yang paling seru adalah Nayl Author dari Indonesian Idol XII. Via menambah jajaran musisi terbaik kota Bandung yang mendunia.

Via yang lahir pada 22 Januari 2001 ini tercatat sebagai mahasiswi di Sekolah Tinggi Musik Bandung (STiMB), di mana dia mengambil jurusan D3 vokal. Hobinya yaitu memasak, menonton film dan TV, membuat bunga pres, dan menggambar.

Jika dilihat secara visual, Via memiliki visual yang mirip dengan Chiayi dari Fanatics dan Chowon dari Lightsum. Yang terakhir disebutkan itu favorit saya -- Chowon memang memiliki kulit sawo matang alami, seperti orang Indonesia.rtp dewapoker

Via diumumkan sebagai anggota baru Beauty Box pada tanggal 21 Juni 2023. Sebelumnya ada anggota yang berasal dari Vietnam bernama Anh, namun per tanggal 29 Mei 2023 lalu dia sudah meninggalkan Beauty Box dan BY-U Entertainment karena masalah kesehatan. Via menjadi anggota baru pengganti Anh per tanggal 21 Juni.

Dan itulah idol K-pop asal Indonesia yang bangga mengharumkan nama bangsa di Korea Selatan.
Kita juga harus bangga, tetapi jangan sampai overproud.

Comments

Popular posts from this blog

Campur Kode Di Kalangan Penggemar K-Pop Di Media Sosial

5 Red Flag Korea Selatan, Tak Seindah Drama Korea

NewJeans Cetak Sejarah di MAMA 2023