Pengaruh Yang Dahsyat, BTS Membantu Meningkatkan Minat Baca di Kalangan Anak Muda

Siapa yang tidak kenal dengan BTS? Boyband nomor 1 dunia asal Korea Selatan yang tengah digandrungi oleh banyak orang. Tidak hanya populer di kalangan anak muda, nyatanya BTS juga populer di kalangan orang tua bahkan lansia. Maka tidak diragukan lagi bila ARMY, sebutan bagi penggemar BTS, tersebar di seluruh penjuru dunia. BTS sendiri terdiri dari tujuh anggota yaitu ada RM sebagai pemimpin grup, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook sebagai anggota termuda. BTS debut pada tahun 2013 dibawah naungan agensi Bighit Entertaiment yang sekarang berganti nama menjadi Bighit Music.dewa poker

Perjalanan karir BTS tentu tidaklah mudah, sejak memulai debutnya pada tahun 2013 tidak banyak yang mengenali mereka. Sampai pada tahun 2015 mereka mulai banyak dikenali para penikmat musik Korea Selatan lewat lagu mereka yang berjudul "I NEED U" yang termasuk dalam album mereka yang bertajuk "The Most Beautiful Moment in Life, Part 1". Satu tahun kemudian mereka merilis album "wings" dimana album tersebut debut di peringkat ke-26 chart Billboard 200. 

Disinilah kepopuleran BTS makin meningkat, mereka semakin dikenal oleh banyak kalangan tidak hanya di Korea Selatan saja tapi juga dunia. BTS mengepakkan sayapnya di panggung Hollywood dengan tampil di acara penghargaan bergengsi seperti American Music Awards, Billboard Music Awards, bahkan Grammy Awards. BTS tidak hanya sebagai performer.

Tapi juga masuk dalam nominasi dan memenangkan beberapa penghargaan seperti kategori Top Social Artist dalam ajang Billboard Music Awards (BBMAs) lima kali berturut-turut sejak 2017, BTS juga memenangkan penghargaan tertinggi di ajang American Music Awards (AMAs) tahun 2021 dengan kategori Artist Of The Year mengalahkan nomine lain, yaitu Ariana Grande, Taylor Swift, Drake, The Weeknd, dan Olivia Rodrigo.rtp live slot

Pada 1 November 2017, BTS menyuarakan kampanye Love Myself bersama dengan UNICEF. Kampanye ini bertujuan agar generasi muda dapat menghargai diri sendiri dan menghentikan kekerasan. Kemudian pada 24 September 2018, BTS berpartisipasi dalam UNICEF Generation Unlimited di gedung General Assembly PBB (UNGA) di New York. BTS yang diwakili oleh RM, berpidato mengenai pentingnya menghargai identitas dan diri mereka, serta menyuarakan keresahan dalam hidup. 

Kemudian BTS kembali ke podium UNGA pada 2021, menemani Presiden Korea Selatan Moon Jae In. Mereka menyampaikan pidato di hadapan 100 pemimpin dunia sebagai utusan khusus presiden mewakili generasi dan budaya masa depan. BTS juga membawakan salah satu hit mereka yang berjudul Permission to Dance di Gedung UNGA. BTS juga diundang langsung oleh Presiden AS, Joe Biden, ke Gedung White House untuk berdiskusi mengenai tantangan memerangi anti-Asia.

Dengan sepak terjang dan banyaknya prestasi yang di raih oleh BTS, tentu saja mereka menjadi salah satu idola yang sangat berpengaruh bagi penggemarnya. Salah satu pengaru positif dari BTS yang akan diangkat pada kesempatan kali ini adalah pengaruh BTS secara tidak langsung meningkatkan minat baca di kalangan anak muda. Dalam beberapa kesempatan, BTS sering membagikan pengalamannya dalam mencari inspirasi untuk pembuatan lagu mereka, salah satunya adalah dengan membaca buku. Jalan cerita musik BTS dan video musik mereka memang mengandung teori yang berkelanjutan. Beberapa lagu mereka yang terinspirasi dari sebuah buku antara lain :

Magic Shop -- Buku Into The Magic Shop (James R. Doty MD) Blood Sweat & Tears dan Boy Meets Evil -- Buku Demian (Hermann Hesse) Butterfly -  Buku Kafka on the Shore (Haruki Murakami) Sea -- Buku 1Q84 (Haruki Murakami) Map of The Soul: Persona -- Buku Jung's Map of the Soul: An Introduction (Murray Stein) Lie - Buku The Owl Service (Alan Garner) Serendipity -- Buku Le Petit Prince (Antoine de Saint-Exupery) Spring Day -- Buku The Ones who Walk Away from Omela (Ursula K. Le Guin) Anpanman -- Buku Anpanman (Takashi Yanase)  Pied Piper -- Buku The Pied Piper of Hamelin (Robert Browning). Dalam sesi live beberapa anggota, mereka juga sering membagikan judul buku yang pernah mereka baca. Salah satu judul buku terkenal yang pernah dibaca oleh beberapa anggota adalah Kim Ji-young, Born 1982 karya Cho Nam -- Joo dan Almond karya Son Won Pyeong. Selain jalan cerita yang menarik, setiap buku yang dibaca oleh anggota BTS memberi pengalaman baru bagi para pembaca dan juga berisi pengetahuan yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Kebiasan positif para anggota BTS tersebut akhirnya ditiru oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Kecintaan ARMY kepada BTS tidak perlu diragukan lagi, banyak dari mereka yang juga membaca buku-buku yang direkomendasikan oleh BTS. Yang awalnya mereka membaca karena ingin mengetahui jalan cerita dari setiap lagu-lagu yang dibuat oleh BTS, tapi sekarang mereka menjadikan membaca buku sebagai salah satu kegiatan menyenangkan bagi mereka.

Harapan untuk kedepannya adalah semakin banyak anak muda yang terkena dampak positif dari BTS dengan meningkatnya minat baca mereka. BTS juga membuktikan bahwa apa yang mereka bagikan kepada penggemar bukanlah hal yang tidak berguna. Nyatanya mereka memberikan dampak positif yang sangat besar di kalangan anak muda dan yang lainnya.rtp dewapoker

Comments

Popular posts from this blog

Campur Kode Di Kalangan Penggemar K-Pop Di Media Sosial

5 Red Flag Korea Selatan, Tak Seindah Drama Korea

NewJeans Cetak Sejarah di MAMA 2023