Kpop dan K-drama Redakan Stress pada Remaja

Era pandemi covid-19 yang kian parah memberikan dampak bagi berbagai aspek kehidupan. Dengan meluasnya penyebaran covid 19 ini bisa meningkatkan tingkat stress.dewa poker

Stress menurut kementerian kesehatan adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri.

Hasil publikasi dari berbagai lembaga menyatakan remaja Indonesia dengan rentang usia 16-24 tahun sangat rentan mengalami gangguan kecemasan. Penelitian dari the Conversation, University of Queensland, dan Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Amerika Serikat menyatakan bahwa remaja Indonesia berada dalam darurat kesehatan mental terutam rentang usia 10-17 tahun.

Stress remaja bisa dipicu dari berbagai situasi seperti keluarga, akademis,dan lain sebagainya. Sebanyak 4,2 persen pelajar di Indonesia pun pernah berpikir untuk bunuh diri, sedangkan 3 persen siswa pernah melakukan percobaan bunuh diri. Hampir 90 persen kasus bunuh diri di Indonesia diakibatkan oleh depresi dan kecemasan.

Dengan tingkat stress pada remaja yang begitu memprihatinkan, maka harus ada cara untuk bisa mengurangi tingkat stress pada remaja. Setiap individu memang punya caranya sendiri untuk mengurangi stress.rtp live slot

Pada perkembangan budaya saat ini budaya korea yaitu kpop dan kdrama sangat dinikmati oleh semua orang khususnya remaja. Kpop dan Kdrama bisa dijadikan pelarian untuk mengurangi stress. Dari situ remaja bisa mendapatkan kebahagiaan yang tidak didapatkan di kehidupannya. Kpop sendiri menyuguhkan berbagai penampilan menarik dari girlgroup maupun boygroup. Bukan hanya musik saja, mereka juga menyediakan berbagai macam acara hiburan yang siap membuat remaja tertawa melupakan stress di kehidupan. Hal sederhana namun sangat bermakna yang bisa kita dapatkan di Kpop adalah saat idola kita memberikan perhatian seperti mengapresiasi kerja keras dan memberikan semangat kepada para penggemarnya meskipun tidak secara langsung bertatap muka.

Sedangkan Kdrama atau sering disebut drakor memberikan berbagai macam judul drama dimana banyak pelajaran hidup yang bisa diambil dan diterapkan dikehidupan. Konflik dalam alur drama mungkin saja related dengan masalah yang membuat remaja stress. Dari masalah dalam drama tersebut kita bisa mencontoh bagaimana cara mengatasi masalah tersebut apabila solusi yang diberikan dalam tersebut positif.rtp dewapoker

Oleh karena itu, Kpop dan Kdrama dianggap sebagai salah satu cara untuk meredakan stress khususnya remaja. Kpop dan Kdrama tidak hanya memberikan hiburan semata melainkan banyak hal positif yang bisa diambil. Terlepas dari masih banyaknya orang yang masih menganggap Kpop dan Kdrama hal yang tabu atau bahkan menganggapnya alay. Semua hal termasuk Kpop dan Kdrama jika kita mampu menyeleksinya maka akan memberikan pengaruh yang baik untuk diri kita. Maka dari itu yang harus diingat oleh remaja adalah mengambil sisi positifnya saja agar tidak memberikan pengaruh buruk untuk remaja.

Comments

Popular posts from this blog

Campur Kode Di Kalangan Penggemar K-Pop Di Media Sosial

5 Red Flag Korea Selatan, Tak Seindah Drama Korea

NewJeans Cetak Sejarah di MAMA 2023